Rabu, 15 Juni 2011

LASKAR BELIMBING

Kota Depok terkenal dengan belimbing dewa nya, sehingga icon kota Depok adalah kota Belimbing. Memang tidak sulit menemukan belimbing, baik yang masih ditanam di kebun-kebun petani, maupun buah-buah belimbing yang tersaji dimana-mana (Warung buah ataupun di Supermaket). Demikian terkenalnya belimbing di kota Depok menjadi salah satu unggulan produk kota baik berupa buah belimbing segar, sirup belimbing, dodol belimbing dan lain sebaginya yang terbuat dari belimbing.
Di kota belimbing inilah PNPM Mandiri Perkotaan sejak tahun 1999 yang dahulu namanya P2KP (Proyek Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan) sudah berada ditengah-tengah masyarakat kota. Tepatnya pada tahun 2007 nama P2KP berubah menjadi PNPM P2KP dan mulai tahun 2009 berganti nama dengan PNPM MP.
Seluruh kelurahan (63 kelurahan) sudah difasilitasi PNPMMP dan seluruhnya sudah terbentuk BKM/LKM sebagai perwujudan representasi masyarakat yang mengakar, kredibel dan menjungjung nilai-nilai kemanusiaan (N2LK) seperti kejujuran, amanah, dapat dipercaya, serta peduli.
Seluruh wilayah dampingan tersebut difasilitasi oleh Tim Fasilitator baik dari tingkat kota sampai tingkat kelurahan. Tim tersebut dinamakan “Laskar Belimbing”. Laskar belimbing merupakan sebutan bagi tim PNPM MP Kota Depok. Tim tersebut mempunyai moto “Cermat”. Maksud dari moto tersebut agar laskar belimbing bekerja dengan ketulusan dan cermat dalam segala hal, jangan ceroboh tapi penuh perhitungan dan teliti. Moto tersebut kepanjangannya adalah Cerdas, Efektif, Rasional, Mandiri, Amanah dan Tawakal.
Tingkat Kota dinamakan kekorkotan terdiri dari koordinator kota (Korkot) Kurnia Robi; Askot CD Dadang Munandar;Askot MK Abidin Kustiana; Askot Infrastruktur Arif Nurpadilah; dan Asmandat Abdul Wahab. Sedangkan di tingkat kelurahan terdiri dari tujuh tim yang dikoordinatori oleh seorang Senior Fasilitator (SF). Masing-masing tim rata-rata mendampingi sembilan kelurahan. Agar lebih jelasnya susunan tim laskar pelangi.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More