Rabu, 01 Juni 2011

GERTAK ISTIHAD

Ibu-ibu tersenyum gembira 
Kepengurusan BKM Berkah Sejahtera Kelurahan Jatijajar Kecamatan Tapos Depok sejak tanggal 15 Januari 2011 telah berubah. Hasil pemilu BKM terpilih anggota BKM sebanyak 9 Orang dengan koordinator H. M Soleh. Bagaikan mendapat energi yang baru, pengurus baru tersebut langsung melakukan perbaikan-perbaikan diberbagai sektor, misalnya UP UP (Unit Pengelola) diganti dan ada juga di roling sesuai dengan keterampilan dari masing-masing personil. Misal Wawan yang dulunya sebagai sekretaris BKM menjadi Manager UPK, karena dia sangat paham dengan pembukuan dan mempunyai jiwa manajerial.


Sebagai koordinator yang baru H. M Soleh mengambil langkah-langkah setrategis, misalnya yang selama ini pengurus dan masyarakat hanya berpikir dan tergantung pada BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) sekarang sudah berubah, dimana BLM hanya bagian kecil yang perlu diraih sedangkan yang lebih penting menurut nya adalah bagaimana kita bisa menangkap peluang dan bersinergi dengan lembaga lain  baik dengan lembaga keuangan, kelompok peduli, pemkot dan lainnya yang peduli terhadap masyarakat miskin.

Langkah awal yang dilakukan adalah bagaimana BKM Berkah Sejahtra dapat meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dengan bekerjasama dengan “Yayasan Baiturrahman” menjual sembako murah kepada masyarakat miskin sekitar.  Paket sembako murah tersebut terdiri dari 2 liter beras, Minyak goreng refil 1 Liter, Gula Pasir      ½ Kg dan Teh celup 1 pack dengan total nilai normal Rp. 35.000,- satu paket. Masyarakat miskin hanya membeli satu paket tersebut seharga Rp. 17.000,-. Paket sembako tersebut diperuntukan kepada 200 orang miskin yang berada disekitar wilayah Jatijajar.

Kegiatan lainnya yang tidak kalah penting adalah BKM Berkah Sejahtera akan melakukan kerja sama dengan “Lion Club” Insya Allah kegiatan tersebut menurut H. M Soleh akan dilakukan pada tanggal 29 Mei 2011. Kegiatan yang akan dilakukan adalah warga miskin wilayah sekitar akan diberikan pelatihan keterampilan sulam mita.
Langkah strategis lainnya adalah melalui Unit Pengelola Sosial (UPS) akan mencoba menghimpun dana dari warga sekitar. Kegiatan yang dimaksud dinamakan “Gertak Istihad”. Menurut Nurlina Gertak Istihad adalah gerakan tabungan akherat infaq seribu tiap ahad. Diharapkan dana yang terhimpun tersebut dapat dimanfaatkan seluruhnya bagi kepentingan masyarakat miskin.
Sambung H. M Soleh selaku koordinator BKM kedepan ingin membuat unit-unit usaha, untik unit usaha yang akan dibentuk seperti Unit Toko Sembako, Unit Cuci Mobil dan Motor, Unit Bimbel, Unit Peternakan dan Perikanan.
Mengakhiri pembicaraan kepada Kokrot, H. M Soleh memohon fasilitasi dari tim PNPM MP untuk meraih mimpi tersebut sehingga bisa terwujud. Mudah-mudahan niat baik kita semua terlebih ingin mewujudkan “Gertak Istihad” dapat berlangsung dengan lancar serta mendapatkan Ridlo dan PertolonganNya, Amin Ya Robbal’alamin.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More